fbpx

“Dengan Berbekal Spirit Ramadhan, Kita Cetak Generasi Muda Beriman Dan Cinta Al-Qur’an”, Tarhib Ramadhan Guru Dan Karyawan SIT TBZ, Prof.Dr. Achmad Satori Ismail.

SIT Thariq Bin Ziyad pada hari kamis (24/03/2022) mengadakan Tarhib Ramadhan bagi seluruh guru dan karyawannya. Tarhib Ramadhan ini diselenggarakan oleh Divisi Pembinaan SIT TBZ dalam rangka menyambut bulan suci Ramdhan 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi. Program ini juga bertujuan untuk memberikan bekal ilmu keislaman terkait keutamaan di bulan suci Ramadhan agar guru dan karyawan dapat memaksimalkan ibadahnya.

Acara tarhib Ramadhan ini dibuka oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan Tasmi’Qur’an yang dibawakan oleh Ust.Roni El-Ikrom,Lc. Setelah Tasmi’ Qur’an acara dilanjutkan dengan sambutan oleh manajer pembinaan yaitu ibu Sri Khobzah. S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di acara tarhib Ramadhan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa pembinaan keislaman (BPI) yang dilakukan oleh unit SIT TBZ semakin baik.

Setelah itu acara dilanjutkan oleh kata sambutan dari Direktur LPIT TBZ yaitu Ust.Andang Hendar,SE. M.M. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya membangun mindset (pola pikir) terhadap segala hal. Apabila pola pikir sudah baik dan positif maka apapun yang dilakukan akan terasa mudah dan berkah. Begitupula mindset (pola pikir) kita terhadap bulan Ramadhan, jika mindset kita sudah baik maka ibadah yang kita lakukan akan terasa ringan dan mudah bahkan cenderung untuk meningkatkan lagi kualitas dan kuantitasnya.

Beliau juga sempat berbagi cerita perjalanannya dalam membangun SIT Thariq Bin Ziyad bersama (alm) Ust Sa’dudin,M.M dan moment ketika beliau I’tikaf bersama (alm) Ust Sa’dudin. Beliau mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak melewatkan I’tikaf di Bulan Ramadhan sebagai sarana untuk fokus beribadah kepada Allah dan sementara menjauh dari urusan dunia.

Pada acara inti seminar dengan pembicara yaitu Ust Prof. Dr. Achmad Satori Ismail, beliau menyampaikan banyaknya keutamaan yang ada di bulan Ramadhan yaitu dibukanya pintu ampunan Allah seluas-luasnya dan di lipatgandakannya pahala dari amalan yang dikerjakan. Semua ini tidak akan dijumpai selain di bulan Ramadhan. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi SAW : “Barangsiapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, jasadnya tidak akan tersentuh sedikitpun oleh api neraka” (HR.Nasa’i)

Baca juga : BACA AL-QUR’AN, WAKTU KITA AKAN BERTAMBAH…KOK BISA ?

Setiap muslim hendaknya mempersiapkan segala hal untuk memasuki bulan Ramadhan baik fisik, mental, maupun materi. Mempersiapkan materi dibulan Ramadhan bukan hanya untuk membeli makanan, minuman, maupun segala hal yang bersifat dunia, yang paling penting adalah bagaimana seorang muslim mempersiapkan materi untuk beramal secara rutin. Karena amalan yang paling di sukai Allah amalan yang rutin walaupun sedikit.

Bulan Ramadhan juga dinamakan bulan Qur’an karena di bulan inilah peluang terbesar seorang muslim untuk meraih pahala dan kebaikan yang seluas-luasnya dari Al-Qur’an. Semangat Al-Qur’an ini harus di mulai dari lingkup yang terkecil yaitu keluarga. Sebagai orangtua, jika ingin membentuk dan memiliki anak-anak yang cinta Al-Qur’an maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi contoh/teladan kepada anak-anaknya. ” Sulit untuk membentuk anak-anak yang cinta Al-Qur’an dan Ahli ibadah jika sehari-hari orangtuanya lebih banyak berinterkasi dengan HP” ujarnya.

Acara ini berlangsung santai dan interaktif dengan sesi tanya jawab. Mudah-mudahan dengan adanya Tarhib Ramadhan ini dapat menambah wawasan serta menjadi motivasi untuk dapat mengoptimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan yang akan datang. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan Allah izinkan bertemu di bulan Ramadhan tahun ini. (fr)

Simak Video : Tarhib Ramadhan Guru dan Karyawan SIT Thariq Bin Ziyad Tahun 2022:

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

950 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?