fbpx

Siswi SMPIT Thariq Bin Ziyad Menjadi Finalis Duta Baca Kabupaten Bekasi 2022.

Bekasi (27/05)- Siswi kelas 8D SMPIT TBZ atas nama Syeemila Needya Muhidin Al-Haq berhasil menjadi finalis pada kompetisi Duta Baca Tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022. Bersama finalis lainnya, Syeemila dikukuhkan sebagai duta baca kabupaten bekasi dengan masa bakti 1 tahun.

Perlombaan ini diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi di Perpustakaan Umum Cikarang Selatan pada Rabu (25/5/2022).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi Adeng Hudaya mengatakan tujuan dari kegiatan lomba Duta Baca yaitu memilih duta, perwakilan baru perpustakaan untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama Dinas Arsip dan Perpustakaan.

” Ke depannya yang terpilih tersebut untuk mengkampanyekan budaya gemar membaca dan meningkatkan angka kunjungan perpustakaan di Kabupaten Bekasi,” kata Adeng

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) bahwa tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara berada di peringkat 62 atau dengan kata lain berada di 10 negara dengan tingkat literasi terbawah.

Rendahnya tingkat literasi bangsa Indonesia disebabkan karena selama berpuluh-puluh tahun bangsa Indonesia hanya berkutat pada sisi Hilir yaitu masyarakat yang terus dihakimi sebagai masyarakat yang rendah budaya bacanya. Stigma tersebut mengakibatkan Indonesia menjadi rendah daya saingnya, rendah indeks pembangunan SDM-nya, rendah income perkapitanya, hingga rendah rasio gizinya.

Baca juga : Fokus Meningkatkan Kualitas Perpustakaan, SDIT TBZ PHP Raih Akreditasi Dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Baca Juga : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara

Perlombaan duta baca yang diadakan Dinas Arsip dan Perpustakaan menjadi sangat penting. Perlombaan yang diadakan berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten hingga Nasional ini sebagai bentuk hadirnya negara dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Selain itu, negara juga hendaknya menghadirkan buku yang sesuai dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini rasio antara jumlah penduduk Indonesia dengan jumlah bacaan 0,09 artinya satu buku ditunggu 90 orang setiap tahunnya.

Selamat kepada ananda Syeemila dari SMPIT TBZ yang terpilih menjadi Finalis Duta Baca Kabupaten Bekasi 2022. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam menjalankan amanah sebagai Duta Baca setahun kedepan. Semoga dengan peran serta ananda dan finalis duta baca lainnya dari seluruh Indonesia dapat meningkatkan tingkat literasi Indonesia menjadi lebih baik. (fr)

Simak video : ” Webinar Bahasa Indonesia SMPIT TBZ”

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

950 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?