fbpx
Ramadhan

Optimalisasi 720 Jam Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang Allah berikan bagi umat muslim. Teramat banyak keutamaan dan kebaikan yang bisa diraih seorang muslim, jika dapat memanfaatkan moment 720 jam di bulan Ramadhan ini dengan maksimal. Kerugian besar bagi seorang muslim apabila memaknai bulan Ramadhan ini hanya sebatas ritual tahunan tanpa upaya untuk memaksimalkan ibadah dan memperbaiki diri.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan seorang muslim agar mampu mengambil manfaat dan keberkahan bulan Ramadhan sebagai bekal akhirat :

Ikhlaskan niat, kuatkan tekad dan kesungguhan hati. Sebab dengan niat yang ikhlas sesuatu yang kecil akan menjadi besar, yang sedikit akan menjadi banyak. Dengan tekad yang kuat seseorang akan berusaha optimal untuk melaksanakan segala urusan, tugas, dan kewajiban.

Mulailah aktivitas dengan membaca keutamaan , hikmah, hukum dan adab puasa. Membacanya akan mendekatkan kita dengan praktik ibadah puasa sebagaimana yang Nabi saw contohkan.

Berusahalah untuk menjaga sholat, jagalah sholat lima waktu di masjid sebab ia akan melipatgandakan pahala dan kebaikannya . Maka anda akan mendapatkan 5×27 = 135 derajat setiap hari. Ibnu Abbas mengatakan : jarak antara dua derajat adalah 500 tahun perjalanan. Selain sholat lima waktu, biasakan juga untuk menjaga sholat sunnah rawatib yakni 2 rakaat sebelum subuh, 4 rakaat sebelum zuhur, 2 rakaat sesudah zuhur, 2 rakaat setelah maghrib, dan 2 rakaat setelah isya. Dengan membiasakan sholat sunnah rawatib maka kita sudah merancang proyek membangun rumah disurga.

Bacalah Al Quran 10 juz setiap hari. Caranya datanglah ke masjid sebelum waktu sholat untuk membaca 1 juz dan setelah sholat 1 juz…10 juz setiap hari tak akan membuatmu kelelahan. Dengan begitu anda akan mengkhatamkan Quran  setiap 3 hari sekali. Bagi yang belum terbiasa membaca 10 juz dalam sehari, bisa dibuat target minimal 1 juz (10 lembar) dalam sehari. Dengan target ini minimal 2 lembar setiap sholat lima waktu, maka diakhir Ramadhan insya Allah bisa khatam Al-Qur’an.

Berpuasalah lebih dari sekali dalam setiap hari di Ramadhan. Caranya dengan memberikan makan kepada orang yang berpuasa . Jika belum mampu memberikan makan, maka sedekah dengan sebutir kurma walaupun sedikit tetap ia akan dipelihara, ditumbuh suburkan oleh Allah hingga pahalanya seperti gunung.

Menambah umur ketaatan sampai 83 tahun. Di bulan Ramadhan, Allah menyediakan satu malam yang jika seorang muslim memaksimalkan ibadahnya di malam itu maka nilainya akan setara dengan ibadah tersebut selama 1000 bulan (83 tahun). Malam tersebut dalam Al-Qur’an disebut sebagai malam Lailatul Qadr. Karena malam ini sangat istimewa, maka akan sangat rugi jika seorang muslim melewatkannya. Untuk menjaga agar kita tidak melewatkan malam lailatul qadr ini, maka kita harus menjaga konsistensi ibadah baik kualitas maupun kuantitas agar bisa dipastikan kita mendapatkan malam lailatul qadr.

Perbanyak do’a dan silaturrahim. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang sangat tepat untuk memperbanyak do’a karena banyak waktu-waktu utama di bulan ini yang apabila kita berdo’a maka Allah akan kabulkan salah satunya yaitu do’a sesaat sebelum berbuka.

Baca juga : Menjaga Keikhlasan

Mudah-mudahan langkah ini dapat membimbing kita untuk menjadikan bulan Ramadhan tahun 1443 H menjadi Ramadhan dengan amalan ibadah terbaik dari yang pernah kita lalui. Karena kita tidak pernah tahu apakah Allah masih mengizinkan kita untuk bertemu bulan Ramadhan tahun depan. (fr)

Ditulis ulang dari artikel (alm) Ust. Ma’mun Salman, M.Pd.I

Simak Video : (alm) ust. Ma’mun Salman, M.Pd.I mengisi acara ta’lim orang tua (TOT) SMPIT TBZ

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Mars TBZ

Visi Kami

Akhlaq Terpuji

Pribadi Mulya

Subscribe
Notify of
guest

4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
4 months ago

[…] Baca juga : Optimalisasi 720 Jam Ramadhan […]

trackback
4 months ago

[…] Baca juga : Optimalisasi 720 Jam Ramadhan […]

trackback
3 months ago

[…] Baca juga : Optimalisasi 720 Jam Ramadhan […]

trackback
2 months ago

[…] Baca juga : Optimalisasi 720 Jam Ramadhan […]

800 siswa baru telah terdaftar !