fbpx

Indonesia Satu-Satunya Negara Yang Merdeka Dengan Mengusir Penjajah, Sahabat Thariq Sudah Tahu ?

Bekasi(16/08/2023)- Esok Hari tanggal 17 Agustus 2023 adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 78 tahun. Dengan usia yang sudah memasuki 78 tahun, sudah selayaknya Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera sebagaimana negara-negara lain di dunia. Hal ini tidak lepas dari fakta yang ada bahwa Indonesia memiliki letak geografis yang sangat strategis, hasil alam yang berlimpah, dan sumber daya manusia yang memadai. Rakyat Indonesia juga dikenal sangat patriotik karena sejarah mencatat bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang merdeka melalui perjuangan mengusir penjajah selama ratusan tahun.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Mahfud MD (Menkopolhukam) bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang merdeka dengan mengusir penjajah. Berbeda dengan negara lainnya yang merdeka sebagai pemberian/hadiah dari penjajah. Sebagai contoh India dan Malaysia yang diberi kemerdekaan oleh Inggris. Contoh lainnya adalah Amerika Serikat dan Australia yang merdeka dengan mengusir penduduk aslinya. Sedangkan Vietnam dan Aljazair pernah berjuang mengusir penjajah, namun itu dilakukan ketika sudah merdeka.

Dengan fakta sejarah ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa sebenarnya rakyat Indonesia memilki karakter positif yang dapat terus di tumbuh kembangkan yaitu semangat pantang menyerah, tekad yang kuat, persaudaraan, gotong royong, peduli dengan sesama, dan masih banyak karakter positif lainnya.

Karakter positif yang dimilki oleh bangsa Indonesia adalah modal yang lebih dari cukup untuk menjadi sebuah negara yang maju. Predikat negara maju bukan hanya dilihat dari pembangunan fisik semata. Pembangunan yang menyedot anggaran terlalu besar hingga menghabiskan ribuan triliun terasa kurang bermakna jika disisi lain puluhan juta rakyat masih hidup dibawah garis kemiskinan, Anak-anak masih banyak yang kurang gizi/gizi buruk, Anak-anak masih terkendala mendapatkan akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas serta fasilitas kesehatan yang masih harus berbayar.

Olehkarenanya, Indonesia memerlukan pemimpin yang tangguh dan memiliki peta jalan untuk mengarahkan dan mensinergikan semua potensi yang ada untuk menjadi bangsa yang maju, sejahtera, dan menjadi kekuatan yang diperhitungkan dunia. Pemimpin hendaknya memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang konsep bernegara dan menyadari sepenuhnya bahwa tugas pemerintah sesuai konstitusi adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Baca juga : REFLEKSI 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA DAN TANTANGAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

Baca juga : ews Update : Indonesia Resmi Memiliki 3 Provinsi Baru Sehingga Menjadi 37 Provinsi. Kamu Sudah Tahu ?

Mudah-mudahan di usia yang ke 78 tahun, Indonesia senantiasa diberkahi Allah dan menjadi negeri yang Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr (Negeri yang baik dengan Rabb Yang Maha Pengampun). (fr)

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?