fbpx

Islam Memiliki Dua Universitas Tertua Di Dunia, Kamu Tahu ?

Bekasi (29/11/2022)- Belum lama ini QS World University Ranking 2023 merilis daftar universitas terbaik di dunia. Penilaian ini melibatkan 1500 universitas dari berbagai negara. Di antara universitas tersebut terdapat 2 universitas yang berbasis Islam dan dinobatkan sebagai dua universitas tertua didunia. Universitas tersebut adalah Universitas Al-Azhar Cairo (Mesir) dan University of Al-Qarawiyyin (Maroko). Bahkan University of Al-Qarawiyyin masuk kedalam Guinness Book Of World Records sebagai universitas tertua di dunia.

Berdasarkan catatan sejarah, univeritas Al-Azhar didirikan pada tahun 970 Masehi sedangkan university of Al-Qarawiyyin didirikan pada tahun 859 Masehi. Universitas Al-Azhar adalah salah satu pusat pendidikan sastra Arab dan pendidikan Islam Sunni didunia. Universitas ini juga berhubungan dengan Masjid Al-Azhar Kairo, Mesir.

Universitas Al-Azhar dibangun oleh Bani Fathimiyyah. Sebutan Al-Azhar merujuk pada nama putri Rasullullah SAW yaitu Fatimah Az-zahra. Pembelajaran pertama kali dimulai pada tahun 975 Masehi yaitu ketika ketua Mahkamah Agung Abul Hasan Ali Bin Al-Nu’man mengajar dari buku “Al-Ikhtisar” mengenai topik yurisprudensi Islam. Saat ini, misi Universitas Al-Azhar antara lain adalah penyebaran agama dan budaya Islam. Untuk tujuan ini, para sarjana Islam mengeluarkan maklumat (fatwa) untuk menjawab berbagai permasalahan yang ditanyakan kepada mereka dari seluruh dunia Islam. Beberapa fakultas di universitas Al-Azhar yaitu : Fakultas Bahasa Arab, Teknik, pertanian, kedokteran, kedokteran gigi, sains dan matematika, ushuluddin, dakwah, dan fakultas lainnya.

Salah satu unit SIT TBZ yaitu SMAIT TBZ Boarding dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan merujuk kepada kurikulum Al-Azhar, Kairo. Kurikulum Al-Azhar telah terbukti berhasil membentuk banyak ulama yang berpengaruh didunia. Tercatat beberapa ulama dunia lulusan Al-Azhar yaitu Syeikh Nawawi Al-Bantani (Indonesia), Yusuf Al-Qaradhawi, Hasan Al-Banna (Mesir) , Abdul Somad Batubara (Indonesia), Muhammad Quraish Shihab( Indonesia), dan masih banyak ulama lainnya.

Untuk menunjang pembelajaran dengan basis kurikulum Al-Azhar (Mesir), SMAIT TBZ Boarding merekrut tenaga pengajar yang telah berpengalaman dan berkompeten. Bahkan diantaranya adalah alumni dari Al-Azhar sendiri dan universitas lainnya di timur tengah dan Afrika. Hal ini dilakukan agar santri-santri yang menuntut ilmu di SMAIT TBZ Boarding mendapatkan gambaran mengenai pola pembelajaran di Al-Azhar, Mesir serta mendapatkan bekal bahasa Arab yang mumpuni.

Baca juga : Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, Syeikh Yusuf Al-Qaradawi Ulama Besar Islam Tutup Usia.

Baca juga : 7 Universitas Tertua di Dunia

Dengan kemampuan bahasa Arab yang baik, nantinya alumni SMAIT TBZ Boarding jika ingin melanjutkan ke Universitas Al-Azhar, Kairo sudah mendapatkan bekal yang cukup. Disamping itu, SMAIT TBZ Boarding juga menyiapkan berbagai jalur bagi peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikannya ke universitas di timur tengah dan Afrika dengan senantiasa menjalin komunikasi dan silaturahim ke pihak yang terkait.

Demikian informasi tentang universitas tertua didunia dan SMAIT TBZ Boarding sebagai lembaga pendidikan yang mengadopsi kurikulum Al-Azhar, Mesir. Mudah-mudahan dapat memberikan pertimbangan bagi sahabat Thariq yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Al-Azhar dan universitas lainnya di timur tengah dan Afrika. (fr)

Simak video : Profil SMAIT TBZ Boarding School

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?