fbpx

Ikuti Program Generasi Emas Bebas Anemia Dan Zero New Stunting (GEMAZ), SMPIT TBZ : Stop Anemia Dan Stunting !

Bekasi (13/08/2022)- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Nutrition International mengadakan kampanye bebas anemia dan zero new stunting (GEMAZ) pada hari Kamis, (11/08). Kampanye ini melibatkan sekolah-sekolah yang berada di wilayah Jawa Barat. SMPIT TBZ sebagai salah satu sekolah di Jawa Barat yang berkomitmen untuk menjaga kesehatan peserta didiknya mengikuti gerakan GEMAZ ini.

Bentuk kampanye program ini yaitu dengan memberikan penyuluhan tentang pentingnya kesadaran untuk mengkonsumsi gizi seimbang dan minum suplemen Tablet Tambah Darah (TTD) secara rutin. Kampanye gizi seimbang dan minum suplemen tambah darah dirasa penting karena menurut data Nutrition International, pada tahun 2018 ditemukan kasus anemia remaja putri di Jawa Barat sebesar 41,93 %. Dari jumlah tersebut ditemukan hanya 16,7 % yang sudah minum suplemen tambah darah secara rutin.

Kepala Dinkes Jawa Barat dr. Nina Susana Dewi mengatakan bahwa tablet tambah darah (TTD) merupakan sesuatu yang penting dalam mencegah stunting. “Kondisi yang dapat meningkatkan risiko stunting yaitu anemia pada ibu hamil. Perlu upaya intervensi sebelum terjadinya anemia pada remaja dengan optimalisasi gizi dan mencegah anemia melalui konsumsi TTD” ujarnya

Selain data tentang anemia sebagai salah satu penyebab stunting yang di publikasikan oleh nutrition international, Badan pusat statistik juga mencatat 19,4 juta orang menderita kurang gizi dan tidur dalam keadaan lapar. Selain itu 1 dari 3 anak Indonesia menderita stunting akut sehingga menempatkan Index kelaparan global (Global Hunger Index ) Indonesia mencapai 21,9 % artinya sedikit lebih tinggi dari Laos.

Namun disisi lain yang menjadi paradoks menurut data Barilla Center Food And Nutrition, rata-rata setiap orang di Indonesia membuang 121 kg makanan setiap tahun. Data ini menjadikan Indonesia berada di urutan kedelapan pembuang makanan terbesar di dunia.

Sebagai bentuk keikutsertaan SMPIT TBZ dalam mencegah anemia sebagai salah satu penyebab stunting, sekolah mengadakan kampanye minum tablet tambah darah secara serentak yang di pandu oleh salah seorang siswi yaitu Shofiyyah Azka Zahira dan diikuti oleh siswi SMPIT TBZ.

Baca juga : Kadinkes: TTD Penting untuk Cegah Stunting

Baca Juga : Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Dalam Meramu Ramadhan Yang Bermutu Bagi Keluarga, Tarhib Ramadhan POMG SDIT TBZ Jatimulya 2022

Mudah-mudahan keikutsertaan SMPIT TBZ dalam kampanye bebas Anemia dan Stunting ini terus Istiqomah. Jika setiap orangtua dan sekolah memiliki kesadaran yang sama untuk menghindarkan anak-anaknya dari anemia dengan minum TTD, ikut meminimalkan membuang makanan serta budaya berbagi makanan kepada anak-anak lain yang membutuhkan, Maka Indonesia akan bebas dari Anemia dan Stunting di masa depan. Aamiin (fr)

Simak video : Kampanye Bebas Anemia Dan Zero New Stunting SMPIT TBZ

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?