fbpx

SEKOLAH ISLAM TERPADU… APA YA KELEBIHANNYA ?

Saat ini banyak orang yang sering mendengar dan bahkan menjadi pembicaraan umum tentang istilah “Sekolah Islam Terpadu”, mungkin banyak yang belum tahu apa perbedaan antara sekolah pada umumnya dengan sekolah islam terpadu, cek fakta berikut :

Lebih padat muatan agama,  tidak dapat dipungkiri kalau sekolah islam terpadu secara riil lebih banyak muatan islam dibanding sekolah pada umumnya. Bukan hanya tercermin dari jumlah jam pelajarannya namun juga dari pembiasaan baik yang diajarkan oleh para guru dan tenaga kependidikan  dalam keseharian seperti : tahsin & tahfidz qur’an, membaca do’a setiap melakukan ibadah, dan akhlak yang baik dimanapun dan kapanpun.

Pembelajaran al-qur’an yang lebih mendalam, dengan lebih banyak muatan agama praktis akan membuat pembelajaran al-qur’an lebih mendalam. Tidak jarang kita temui siswa-siswi yang menuntut ilmu di sekolah islam terpadu memiliki bacaan qur’an yang tartil serta hafalan Qur’an yang banyak dan  kuat. Ini adalah sisi positif dari mendalamnya pembelajaran al-qur’an di sekolah islam terpadu.

Lingkungan yang religius, ini salah satu keunggulan dari sekolah islam terpadu karena pihak sekolah benar-benar memperhatikan lingkungan sekolahnya agar mendukung siswa dalam pembinaan akhlak dan juga kapasitas keislamannya. Tidak jarang sekolah islam terpadu yang mewajibkan semua guru (bukan hanya guru agama) dan juga karyawannya untuk ikut bersama-sama mencapai target hafalan qur’an, ikut melakukan puasa sunah, bahkan ke hal yang detail yaitu datang tepat waktu dan juga dilarang merokok didalam lingkungan sekolah. Ini semua dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang religius.

Kurikulum yang lengkap, kurikulum yang digunakan sekolah islam terpadu bisa dikatakan kurikulum yang lengkap karena menggabungkan antara pembinaan kognitif, spiritual, dan juga motorik.

Ekstra perhatian dari guru, dengan pembelajaran yang padat secara otomatis siswa-siswi  di sekolah islam terpadu akan mendapatkan perhatian ekstra dari gurunya agar target kompetensi yang diinginkan dapat tercapai. Ekstra ini di dapat tidak hanya dalam pembelajaran di sekolah tapi juga diluar sekolah. Kebiasaan mengingatkan dalam kebaikan seperti Adab Salam, menutup aurat dan kebaikan lainnya menjadi bagian hal yang terutama ketika siswa bertemu dengan guru diluar sekolah.

Pembelajaran yang menarik, dengan padatnya pembelajaran biasanya akan rawan membuat peserta didik jenuh, maka tidak jarang sekolah islam terpadu mengkombinasikan antara belajar dengan games, belajar di alam terbuka, bahkan tidak jarang belajar dengan media gadget (digital learning). Ini semua dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan lebih atraktif dan menarik.

Memiliki jaringan yang luas, setiap sekolah islam terpadu tergabung dalam organisasi khusus yang beranggotakan sekolah islam terpadu di seluruh Indonesia yang bernama Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), sehingga dengan jaringan yang luas ini  masing-masing sekolah islam terpadu bisa saling komunikasi dan koordinasi.

Sekolah yang berkualitas, dengan adanya wadah jaringan sekolah islam terpadu (JSIT) dapat menjaga kualitas dari sekolah-sekolah yang tergabung didalamnya. Walaupun beberapa diantara sekolah islam terpadu itu ada yang kualitasnya diatas rata-rata, maka ini adalah kelebihan yang dapat di manfaatkan. Kelebihan tersebut digunakan untuk saling menguatkan.

Fasilitas yang lengkap,  sekolah yang berstatus sekolah islam terpadu kadang memiliki iuran pendidikan relatif diatas rata-rata sekolah pada umumnya namun ini sebanding dengan benefit berupa fasilitas yang lengkap, pembelajaran yang atraktif, dan juga muatan islam dan Qur’an yang mendalam. 

Kedekatan dengan Guru, dengan adanya bimbingan ekstra dari guru tidak jarang kita lihat banyak siswa-siswi dari sekolah islam terpadu yang sangat dekat dengan gurunya. Bahkan ketika sudah kuliah atau bekerja, banyak dari mereka yang meluangkan waktu untuk bertemu gurunya terdahulu di TK, SD, SMP, atau SMA.

Sekolah islam terpadu (SIT) Thariq Bin Ziyad adalah salah satu sekolah islam terpadu yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Lembaga pendidikan ini memiliki pengalaman puluhan tahun dalam membina dan membentuk siswa-siswinya. Jadi bagi orangtua dan calon siswa-siswa, SIT Thariq Bin Ziyad bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikannya sehingga menjadi generasi yang soleh dan cerdas.

Dari beberapa point yang sudah disampaikan, mudah-mudahan bisa memberikan informasi bagi orangtua maupun peserta didik dalam menentukan pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikannya. (FR)

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?