Thariq.sch.id- Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Saat ini terdapat lebih dari 221 juta pengguna internet di Indonesia pada 2024 (Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Adapun alasan penggunaan internet ini sangat beragam. Mayoritas masyarakat menggunakan internet untuk menemukan informasi dan juga menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.
Internet membantu mendekatkan mereka yang jauh melalui berbagai media sosial yang tersedia. Fenomena yang saat ini terjadi, banyak orang yang terlena oleh gadget yang dimilikinya bahkan banyak yang sangat ketergantungan dengannya. Dalam dunia pendidikan saat ini, sudah banyak sekolah yang memadukan kegiatan belajar mengajarnya dengan teknologi digital.
Sekolah Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad hadir dengan sistem lembaga Pendidikan yang memadukan kurikulum nasional dan nilai-nilai Islam. Konsep ini bertujuan untuk mengantarkan peserta didik mencapai prestasi terbaik dengan bingkai pribadi-pribadi yang berakhlak mulia. Tantangan dalam dunia pendidikan saat ini bukan lagi soal materi pembelajaran semakin sulit, namun bagaimana mengajarkan adab dan etika kepada peserta didik. Dalam perjalanannya sekolah-sekolah islam banyak berdiri, berkembang dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
SIT Thariq Bin Ziyad terus menjaga kualitas proses pembelajaran di sekolah dan berupaya mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan terobosan baru yaitu Program Digital Classroom di SMPIT dan SMAIT Thariq Bin Ziyad. Device yang digunakan adalah Ipad dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di google. Penggunaan device ini diharapkan bisa memaksimalkan kreativitas guru dalam penyampaian materi pelajaran serta tindak lanjut dalam kontrol penggunaan semua device yang di pakai oleh siswa.
Hal yang tak kalah penting dengan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan saat ini adalah kewaspadaan dan perhatian terhadap literasi digital. Hal ini meliputi kemampuan dalam memahami informasi yang disajikan oleh teknologi digital, etika dalam menggunakan device (Ipad) dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), menjalankan aturan-aturan yang dibuat sekolah, serta konsisten dalam penerapannya.
Saat ini literasi digital menjadi hal dasar yang harus dikuasai semua pihak baik guru, siswa, tenaga pendidik serta orang tua. Kemampuan literasi digital ini penting mengingat sudah banyak sekali platform digital yang menyediakan pembelajaran secara e-learning. Hal ini berarti murid tidak hanya belajar dengan buku teks, tetapi juga bisa belajar dengan device yang disiapkan sekolah.
Guru juga dituntut untuk bisa menerapkan metode pembelajaran dengan mengikuti kemajuan teknologi digital. Penggunaan aplikasi dan platform digital dengan bijak dan telaten adalah salah satu cara yang efektif bagi guru untuk mengembangkan kemampuan mengajarnya yang lebih kreatif, inovatif dan lebih berwarna.
Seiring berjalannya waktu, SIT TBZ melalui divisi Informasi dan Teknologi telah mengembangkan program digital classroom dalam proses pembelajaran di unit SMPIT dan SMAIT. Penerapan program ini mendorong terjadinya transformasi yang cukup besar dan mengantarkan semua guru dan siswa pada optimalisasi teknologi digital. Dengan terjadinya transformasi seperti ini, maka setiap guru dan siswa perlu melakukan adaptasi secara perlahan dan konsisten. Hal ini yang kemudian mendatangkan hadirnya kompetensi baru bagi guru yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. Sehingga adaptasi dengan teknologi digital di sekolah dapat menumbuhkan kemampuan keterampilan penguasaan teknologi untuk membantu siswa dalam mendapatkan kemudahan dan hal baru saat menjalani proses kegiatan belajar mengajar. Dengan harapan setiap guru mampu memanfaatkan teknologi digital dengan baik dan optimal serta memenuhi kriteria kompetensi sebagai berikut :
- Teliti dalam mencari dan menyaring informasi (sumber bahan ajar) yang akan disampaikan kepada siswa.
- Mampu memanfaatkan platform digital untuk menjalin komunikasi dan interaksi dengan siswa dan orang tua.
- Memiliki kreativitas dalam mengajar dengan memanfaatkan berbagai media teknologi, seperti konten-konten edukasi.
- Bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengontrol penggunaan device dalam proses kegiatan belajar mengajar.
- Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam proses mencari solusi dan memecahkan masalah dalam pembelajaran.
SIT Thariq Bin Ziyad akan terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan para siswa dengan terus beradaptasi dan mencari peluang termasuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran secara bijak dan produktif. Dengan begitu, guru dapat optimal dalam mendidik setiap siswa yang bisa menguasai teknologi dan berakhlakul karimah.
Ditulis oleh : Ustadz Sahri Romadhon, Lc (Guru LPIT TBZ)