fbpx

Marketday SDIT TBZ PHP : Latihan Berdagang, Agar Menjadi Entrepreneur Handal Di Masa Yang Akan Datang.

Bekasi(5/06/2023)- Islam adalah panduan hidup lengkap yang tidak hanya mengatur ibadah yang bersifat Habluminallah (Hubungan yang baik dengan Allah SWT), namun Islam juga memberikan panduan kepada ummatnya dalam bermuamalah dan berhubungan baik dengan sesama manusia.

Salah satu cara yang dianjurkan Islam dalam memenuhi kebutuhan hidup serta menjaga hubungan baik pada sesama manusia yaitu dengan melakukan jual beli (berniaga). Jual beli (berniaga) yang bersih adalah aktifitas yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta para sahabat.

Berikut adalah firman Allah SWT tentang kewajiban menyempurnakan takaran dan timbangan :

وَيَٰقَوْمِ أَوْفُوا۟ ٱلْمِكْيَالَ وَٱلْمِيزَانَ بِٱلْقِسْطِ ۖ وَلَا تَبْخَسُوا۟ ٱلنَّاسَ أَشْيَآءَهُمْ وَلَا تَعْثَوْا۟ فِى ٱلْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

Artinya : Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan neraca yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (Q.S Hud : 85)

Sahabat-sahabat Nabi SAW yang merupakan Entrepreneur sukses sudah tidak asing kita dengar seperti Abdurrahman Bin Auf, Zubair Bin Awwam, Utsman Bin Affan, Thalhah Bin Ubaidillah, dan masih banyak sahabat sukses lainnya. Dengan melakukan jual beli seorang muslim dapat mengasah kemampuannya dalam berkomunikasi, melatih agar tetap optimis, fokus pada tujuan, berpikiran terbuka, berani mengambil resiko, serta melatih diri untuk menjadi problem solver.

Dengan dasar inilah SDIT Thariq Bin Ziyad PHP sebagai sekolah yang baru mulai menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022-2023, berupaya memberikan pengalaman kepada peserta didiknya untuk melatih gotong royong, keberanian, kejujuran serta kemandirian melalui program Marketday SDIT TBZ PHP.

Menurut Ustadzah Siti Muslimah, S.Pd selaku penanggung jawab, program Marketday ini diikuti oleh kelas 4 yang berjumlah 96 peserta didik. Program ini berlangsung selama 3(tiga) hari mulai tanggal 29 – 31 Mei 2023 secara bergiliran dari seluruh kelas 4.

Dalam program Marketday ini, peserta didik menyiapkan produk yang akan diperdagangkan baik itu berupa makanan maupun minuman. Tidak jarang orangtua juga terlibat dalam membuat dan menyiapkan produk-produk yang akan diperdagangkan oleh putra-putrinya. Hal ini menunjukan dukungan yang sangat baik dari orangtua terhadap program praktik pembelajaran siswa-siswi SDIT Thariq Bin Ziyad PHP.

Baca juga : Proyek Pelajar Pancasila SDIT TBZ PHP : Kelola Sampah Organik, Daur Ulang Sampah Plastik, Untuk Bumi Yang Lebih Baik.

Baca juga : Kamu Suka Jamur Crispy ? Yuk, Kita Menanam Jamur Bareng SDIT TBZ Pondok Hijau Permai

Semangat dan sukses selalu bagi SDIT TBZ PHP yang senantiasa menerapkan Kurikulum Merdeka dalam praktek pembelajarannya. Mudah-mudahan dengan berbagai program Inovatif yang dilakukan oleh SDIT TBZ PHP dapat membentuk peserta didiknya menjadi Pelajar Pancasila yang memiliki karakter jujur, mandiri, kreatif, bekerja keras, pantang menyerah, dan gotong-royong seperti yang dicita-citakan. Aamiin.

Simak video : Program Marketday Kelas 4 SDIT TBZ PHP

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?