fbpx

Menghafal Quran Seru di Tawatur Quranic Camp (TQC)

Menghafal Quran Seru, memang bisa ?? Bayangkan kamu menghafal Quran ditempat yang sejuk, didampingi dengan para musyrif bersama teman – teman. Setelah menghafal bisa berenang dan bermain bola bersama teman – teman yang shaleh. Senang & Berkah tentunya. Itu semua ada di Tawatur Quran Camp.

Program Tawatur Quran Camp (TQC) SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School kembali dilaksanakan tahun 2021. Setelah 1 tahun yang lalu diadakan didalam lingkungan sekolah karena pandemi covid-19, kali ini TQC Thariq Bin Ziyad Boarding School diadakan diluar lingkungan sekolah yakni di Villa Aquarius Orange, Desa Jogjogan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Acara ini dilaksanakan tanggal 22 November – 2 Desember 2021.

TQC ini merupakan program puncak dari serangkaian program penguatan Al Quran dalam kurikulum kepesantrenan yang telah diresmikan oleh LPIT Thariq Bin Ziyad. Selain itu progam ini juga sebagai realisasi dari simpul A3B yang menjadi program unggulan LPIT Thariq Bin Ziyad untuk peserta didik dan juga guru serta karyawan di lingkungan Thariq Bin Ziyad. Santri yang mengikuti program ini terdiri dari kelas 7 sampai 9 dengan total peserta 276 santri.

TQC SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School ini langsung dibuka oleh Manager Qur’an LPIT Thariq Bin Ziyad yaitu Ust Efendi, Lc dan di dampingi oleh pelaksana harian yaitu Ust Roni L. Ikrom,Lc.

Dalam program TQC,  santri selama 10 hari intensif menghafal Qur’an dengan suasana alam yang sejuk dan juga bebas polusi dengan harapan selama program TQC ini santri mampu menghafal minimal 1 juz Al- Quran tersertifikasi serta memperbaiki bacaan Al-Qur’an agar lebih tartil.

Metode yang digunakan dalam program TQC ini yaitu santri dibagi ke dalam kelompok kecil yang masing-masing kelompok didampingi oleh seorang musyrif (Guru Quran). Dengan 5 kali waktu setoran hafalan dalam sehari, santri di targetkan mampu menyetorkan hafalan hanya 6 baris setiap 1 kali pertemuan.

Selain menghafal Al-Qur’an, panitia TQC Thariq Bin Ziyad Boarding school juga menyiapkan serangkaian aktifitas yang dapat dilakukan peserta TQC untuk mengisi waktu santai ditengah padatnya jadwal sesi menghafal Al-Qur’an. Kegiatan yang dapat dilakukan santri TQC yaitu : berenang, memancing, Futsal, Voli, bermain ayunan, memasak bersama teman, dan melihat beberapa satwa seperti : Angsa, burung kakatua, ikan. Berdasarkan laporan dari panitia, selama 10 hari penyelenggaraan TQC Thariq Bin Ziyad Boarding School sebanyak 140 santri telah lulus sertifikasi 1 juz dengan nilai tertinggi diraih oleh santri atas nama Rafi Linfano Alakale. (FR)

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?