fbpx

Market Day SMPIT TBZ : Latih Keterampilan Berwirausaha Sebagai Wujud Pelajar Pancasila.

Share

Facebook
WhatsApp
Telegram

Thariq.sch.id- Sebagai wujud membangun karakter pelajar pancasila, SMPIT Thariq Bin Ziyad mengadakan kegiatan Market Day bagi peserta didik kelas 7. Kegiatan market day ini merupakan kegiatan rutin SMPIT TBZ dalam melatih keterampilan peserta didik dalam berwirausaha. Berbagai karakter peserta didik dapat ditumbuh kembangkan melalui kegiatan ini seperti beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Kegiatan market day ini diikuti oleh seluruh kelas 7 baik putra maupun putri. Pelaksanaan dari kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama market day dilakukan oleh peserta didik putri pada 14 Oktober 2024. Sedangkan sesi kedua dilakukan oleh peserta didik putra pada 21 Oktober 2024.

Sebelum melakukan kegiatan ini, peserta didik terlebih dahulu dibekali oleh materi kewirausahaan yang disampaikan oleh guru IPS yaitu Ibu Hazia Safitri, S.Pd dan Ibu Beti Eka Riawatiningsih, S.Pd serta guru PKN ibu Lisnadewi, S.Pd.

Pada materi kewirausahaan ini, peserta didik diberikan stimulus agar dapat mewujudkan gagasan-gagasan kreatif ke dalam dunia nyata. Disamping itu mereka juga dibekali pengetahuan dalam menentukan harga jual, harga produksi, serta menghitung untung dan rugi oleh guru matematika yaitu ibu Imma Rufaidah, S.Pd.

Dengan berkembangnya dunia digital saat ini, peserta didik SMPIT TBZ juga melengkapi materi kewirausahan dengan membuat video konten promo digital menggunakan IPad kemudian diposting ke akun media sosial. Ini menambah tingkat keseruan market day.

Jalannya Kegiatan Market Day SMPIT TBZ

Kegiatan market day SMPIT TBZ tahun ini mengangkat tema “Melestarikan Makanan Khas Daerah”. Setiap kelas menyiapkan stan makanan dan minuman untuk tempat jual beli. Setelah itu mereka menghias dengan aneka pernak-pernik, seperti banner, balon, kain warna-warni, dan lain-lain. Peserta didik juga mendesain sendiri flyer, poster menu dan Jenama (merk) secara digital dengan Ipad. Proses desain menu dan jenama ini menggunakan aplikasi canva. Sebelumnya mereka menyusun menu makanan tradisional sesuai dengan daerah yang sudah ditentukan untuk masing-masing kelas. 7A dari Sumatra Barat, 7B dari Jakarta, 7C dari Aceh, 7D dari Palembang, 7E dari Jawa Tengah, 7F dari Sulawesi, 7G dari Jawa Timur dan 7H dari Jawa Barat.

Menu makanan khas daerah yang dijual bermacam ragam seperti Mie Aceh, Rendang, Cilok Saos Padang, Tekwan dan Pempek dari daerah Sumatera, Sosis Solo dan Es Dawet Ireng menu khas dari Jawa Tengah, Lalampa (lemper) , Nasi Kuning Manado dan Es Pisang Ijo dari Sulawesi. Ada juga menu makanan lainnya yang sangat disukai siswa Cireng, Yogurt dan lainnya. Para pembeli baik siswa dan guru sangat antusias dalam kegiatan ini.

Baca juga : Gelar Proyek Pelajar Pancasila, SDIT TBZ PHP : Tumbuhkan Semangat Wirausaha Sejak Dini Seperti Sahabat Abdurrahman Bin ‘Auf.

Semoga dengan kegiatan market day ini dapat melatih keterampilan berwirausaha sekaligus membentuk karakter mandiri, percaya diri, kreatif dan produktif sehingga menjadi peserta didik yang berkarakter Pancasila seperti yang dicita-citakan. (eli/fr)

Simak video : Market Day Kelas 7 Putri SMPIT Thariq Bin Ziyad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?