fbpx

Ternyata Ada Siswa Yang Pasti Lolos SNBP, Apa Ya Kriterianya ?

Bekasi(9/12/2022)- Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023 memiliki ketentuan tersendiri soal prestasi yang diajukan ketika mendaftar. Mekanisme seleksi ini memungkinkan siswa memasukkan maksimal tiga prestasi non akademik. Adapun tingkat prestasi yang diperbolehkan adalah prestasi tingkat regional, provinsi, nasional, dan Internasional.

Meski demikian, ada satu prestasi yang dapat membuat siswa lulus di SNBP pada program studi PTN yang dituju. Seperti yang dijelaskan oleh Bekti Cahyo Hidayanto selaku sekretaris SNPMB 2023, bahwa prestasi yang pasti diloloskan oleh PTN yang dituju adalah perlombaan yang diadakan oleh prodi dari PTN tersebut. ” PTN-PTN itu kan banyak prodi-prodi tertentu yang mengadakan lomba-lomba. Kalau dia menjadi juara di lomba itu, di PTN itu, dan memang dia daftar SNBP disitu, oh pasti diterima” ujarnya.

Menurutnya, terdapat free pass yang akan diberikan kepada siswa yang juara pada kompetisi yang diadakan prodi pada PTN. Bahkan Bekti menyarankan kepada sekolah untuk tetap memasukkan siswa yang tidak eligible dalam SNBP namun memiliki prestasi pada lomba yang diadakan salah satu prodi PTN yang dituju.

Bekti menyarankan hal ini sebab siswa eligible SNBP didapat dari rata-rata semua mata pelajaran. Setelah dirata-rata, siswa yang berprestasi tersebut bisa saja tidak masuk dalam pemeringkatan. “Jadi, setelah dirata-rata dia gak masuk padahal dia juara. Coba kalau dia dimasukkan pasti dipilih kok sama fakultas ini” , jelasnya.

Baca juga : News Update : Hai Sahabat Thariq, Berikut Jadwal SNPMB 2023. Cek Infonya Ya, Jangan Sampai Terlewat !

Baca juga : Pekan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2022-2023 SIT Thariq Bin Ziyad

Olehkarenanya, sekolah disarankan untuk sering mengikutsertakan peserta didiknya dalam lomba-lomba yang diadakan oleh program studi (prodi) di PTN. Selain itu, sekolah juga harus berhati-hati dalam mengikutkan peserta didiknya dalam lomba-lomba di lembaga yang tidak berstandar karena PTN kini sudah memiliki mekanisme untuk mendata kegiatan lomba yang abal-abal dan tidak sesuai standar.

Demikian informasi yang dihimpun mengenai seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) 2023. Mudahan-mudahan bermanfaat bagi sahabat thariq yang akan melanjutkan pendidikan ke PTN yang dituju melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) 2023. Selamat dan sukses ya. (fr)

Simak video : Profil SMAIT TBZ

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

950 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?