fbpx

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, KH Ali Yafie Ketua MUI Periode 1998-2000 Tutup Usia.

Bekasi(27/02)-Umat Muslim Indonesia pada hari Sabtu(25/02) kembali mendapat kabar duka. Salah satu ulamanya yaitu KH Ali Yafie wafat di RS Premier Bintaro. KH Ali Yafie wafat pada usia 96 tahun karena sakit.

KH Ali Yafie adalah ulama kelahiran Sulawesi Tengah dengan nama lengkap Muhammad Ali Yafie. Ayah beliau adalah seorang ulama dari Sulawesi Selatan bernama Syeikh Muhammad Yafie. Sedangkan ayah dari Muhammad Yafie adalah Syeikh Abdul Hafidz Bugis, yaitu ulama yang menjadi guru di Masjidil Haram.

Karier KH Ali Yafie dimulai pada tahun 1944 dengan menjadi Guru Agama di Rappang. Kemudian beliau menjadi kepala bagian sekretaris kantor KUA Kabupaten Pare-pare. Pada tahun 1955-1959 beliau menjadi kepala KUA Kabupaten Pare-pare. Sejak tahun 1965-1971 beliau menjadi dekan di fakultas Ushuluddin IAIN Ujung Pandang karena spesialisasi beliau pada ilmu fiqh. Pada tahun 1971 beliau terpilih menjadi Rais Syuriah Nahdlatul Ulama serta ditahun yang sama menjadi anggota DPR RI dari partai NU hingga tahun 1987. Kemudian pada tahun 1991, beliau dikukuhkan sebagai guru besar ilmu fiqh di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) dan menjadi Ketua MUI pada tahun 1998-2000.

Baca juga : Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, Syeikh Yusuf Al-Qaradawi Ulama Besar Islam Tutup Usia.

Baca juga : Wikipedia KH Ali Yafie

Dari rekam jejak karier, kita dapat melihat bahwa KH Ali Yafie adalah seorang sosok yang sangat mencintai dunia Islam. Disamping sebagai guru besar beliau juga aktif memperjuangkan ide dan gagasannya di bidang politik melalui Partai Nahdlatul Ulama dan Partai Persatuan Pembangunan.

Keluarga Besar LPIT Thariq Bin Ziyad turut berduka atas meninggalnya KH.Prof Ali Yafie. Semoga amal ibadah yang beliau lakukan semasa hidup diterima Allah SWT, Segala Kekhilafannya diampuni dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Aamiin. (fr)

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?