SIT Thariq Bin Ziyad
SHARE :

Bina Pribadi Islami, Membentuk Karakter Santri

7
10/2018
Kategori : Boarding School
Komentar : 0 komentar
Author : thariq


Bina Pribadi Islami, Membentuk Karakter Santri

“Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab dan Al-Hikmah (As-Sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui” (Al-Baqarah: 151)

Sekolah islam pada hakikatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan islam berdasarkan Al Quran dan As Sunnah, dengan proses pembudayaan, pewarisan, dan pengembangan ajaran agama islam, budaya dan peradaban islam dari generasi ke generasi.

Sekolah islam memiliki peran besar dalam mencetak generasi harapan ummat. Genarasi yang tidak hanya diberikan ilmu pengetahuan dan dikembangkan kecerdasan otaknya(aqliyah) saja, tetapi dididik dan dibenahi kepribadiannya(Syakhsiyah) dan dikuatkan mentalnya(Ruhiyah).

Dengan tujuan dan target besar ini program BPI(Bina Pribadi Islami) SMPIT Thariq Bin Ziyad Boarding School hadir untuk mewujudkannya. Membina peserta didik yang : memiliki aqidah yang lurus, melakukan ibadah yang benar, berkepribadian matang, berakhlaq mulia dan bermanfaat bagi orang lain, menjadi pribadi yang bersungguh-sungguh, disiplin dan mampu menahan nafsu, memiliki kemampuan membaca, menghafal dan memahami Al quran dengan baik, memiliki wawasan yang luas, memiliki jasad yang kuat dan keterampilan hidup.

Bina Pribadi Islami adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama islam dalam bentuk pengajian berdasarkan kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri dari murabbi atau pembimbing dan 9-12 mutarabbi atau peserta. BPI diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan, setiap hari jumat jam 13.45-15.00.

Dengan pola seperti ini diharapkan dapat lebih maksimal menyampaikan nasihat dan pencerahan keislaman yang baik, sehingga tercapainya target dari pendidikan itu sendiri, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (tq)

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar