fbpx

73 Tahun Kabupaten Bekasi : Makin Berani Berinovasi Dan Berkolaborasi.

Bekasi(15/08/2023)- Hari ini 15 Agustus bertepatan dengan Hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke 73. Hal ini berdasarkan keputusan Muhammad Hatta yang menyetujui penggantian  nama “Kabupaten Jatinegara” menjadi “Kabupaten Bekasi”. Keputusan ini diperkuat oleh Undang-undang No.14 Tahun 1950 tentang pembentukan Kabupaten Bekasi.

Pada mulanya kantor Kabupaten Bekasi berada di Jatinegara, kemudian pada tahun 1960 berpindah ke Kota Bekasi (Ir. H. Juanda). Seiring dengan pembentukan Kota Administrasi Bekasi, kemudian pada tahun 1982 kantor Kabupaten Bekasi berpindah lagi ke Pondok Gede, Bekasi. Setelah itu pada tahun 2004, kantor pemerintahan Kabupaten Bekasi berpindah ke Cikarang Pusat, Kota Delta Mas hingga saat ini.

Kabupaten Bekasi memiliki 23 Kecamatan dan 187 Desa. Pada masa Hindia Belanda, Kabupaten Bekasi dikenal sebagai daerah pertanian yang subur. Status kepemilikan tanah saat itu menggunakan sistem tuan tanah yang terdiri dari bangsa Eropa dan saudagar cina. Sedangkan orang pribumi hanya menjadi pekerja dan penggarap tanah. Bahkan pada masa penjajahan Jepang, hasil pertanian dan peternakan di wilayah Kabupaten Bekasi dihimpun oleh penguasa militer Jepang bukan hanya untuk keperluan hidup sehari-hari namun juga kepentingan jangka panjang yaitu Perang Asia Timur Raya.

Seiring perkembangan zaman dan jumlah penduduk yang terus bertambah mengubah fokus perekonomian kabupaten Bekasi yang semula dibidang pertanian, saat ini beralih ke bidang Industri. Dengan jumlah penduduk Kabupaten Bekasi yang saat ini hampir 4 juta jiwa menuntut agar setiap penduduk di Kabupaten Bekasi untuk berani berinovasi agar keperluan hidupnya terpenuhi dan kualitas sumber daya manusia akan meningkat untuk dapat berkompetisi dengan daerah lainnya di Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang semakin banyak, disamping inovasi yang terus berkembang penduduk Bekasi juga hendaknya memiliki semangat untuk berkolaborasi (bekerjasama) dengan sesama agar tujuan hidup yang ingin dicapai dapat dengan mudah terlaksana dan terasa lebih ringan.

Baca juga : 62 Tahun Pramuka Indonesia : Wujudkan Sumber Daya Manusia Profesional Dan Proporsional

Baca juga : Wakil SIT Thariq Bin Ziyad Menjadi Juara 2 Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Kabupaten Bekasi.

Olehkarenanya, tema hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke 73 sangat relevan untuk menjawab tantangan hidup masyarakat Kabupaten Bekasi saat ini. Mudah-mudahan dengan semangat berinovasi dan berkolaborasi dapat membuat masyarakat Kabupaten Bekasi semakin sejahtera serta menjadi daerah yang maju dan unggul di Indonesia. (fr)

Simak video : Tasyakuran Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-73

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?