fbpx

59 Hari Menuju Ramadhan : Jangan Lupa Membayar Hutang Puasa Ramadhan Ya !

Bekasi (12/1/2024)- Hari ini tanggal 12 Januari 2024 bertepatan dengan tanggal 30 Jumadil Akhir 1445 H. Hal ini berarti 59 hari lagi seluruh umat muslim dunia akan kembali bertemu dengan bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Semoga Allah Ta’ala memberkahi, memberikan kita kesehatan dan kesempatan agar dapat beribadah kembali di bulan Ramadhan tahun ini.

Ibarat akan memasuki kamp pelatihan, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan agar tiba saatnya nanti kita dapat beribadah dengan maksimal di bulan Ramadhan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah apakah kita masih punya hutang puasa Ramadhan di tahun yang terdahulu ?

Jika Sahabat Thariq masih memiliki hutang puasa Ramadhan terdahulu di karenakan uzur syar’i seperti sakit atau dalam perjalanan maka mulai saat ini adalah waktu yang tepat untuk membayar puasa Ramadhan yang pernah ditinggalkan. Dengan sisa waktu yang masih relatif panjang, kiranya sahabat thariq masih punya kesempatan untuk membayarnya sebelum tiba Ramadhan tahun ini.

Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT :

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

artinya : (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Al-Baqarah : 184)

Mudah-mudahan Allah Ta’ala memberikan kesehatan, kekuatan, dan komitmen kepada sahabat thariq untuk membayar hutang puasa Ramadhan terdahulu agar dapat memasuki puasa Ramadhan tahun ini dengan bersih tanpa hutang puasa. (fr)

Baca juga : Hikmah Jum’at : PELAJARAN BULAN RAJAB

Baca juga : Gerakkan Infaq shadaqah untuk Palestina

Simak video : Cara Membayar Hutang Puasa Bertahun-tahun (Ust. Abdul Somad)

Share :

Facebook
Telegram
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 siswa baru telah terdaftar !

Chat With Us
Chat With Us!
Assalamualikum!
How can I help you?